Terdapat lima fakta menarik jelang laga bertajukDerby Catalunyayang mempertemukan antaraBarcelonadenganEspanyoldiLiga Spanyol. Barcelonaakan menjamuEspanyoldi Camp Nou dalam laga pekan ke 35Liga Spanyol2019 2020. Kedua tim bakal berusaha keras meraih poin penuh dalam pertandingan yang dimainkan pada Rabu (8/7/2020) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Barcelonaselaku tim tuan rumah membutuhkan tiga poin tambahan untuk terus menekan Real Madrid dalam memperebutkan gelarLiga Spanyol. Sementara itu,Espanyolakan berusaha mengincar kemenangan guna menjaga asa lolos dari jurang degradasi. Saat ini, tim tandang terjerembap di dasar klasemen Liga Spanyol dengan koleksi 24 poin dalam 34 laga yang telah mereka jalani.

Megabintang asal Argentina, Lionel Messi, mencatatkan diri sebagaitop scorerdalam pertandingan yang mempertemukan Barcelona dengan Espanyol. Selain rekor yang ditorehkan Lionel Messi, terdapat beberapa fakta menarik yang menghiasi laga bertajuk Derby Catalunya. Striker bintang sekaligus kapten Barcelona, Lionel Messi, berhasil mencatatkan namanya sebagai top scorer dalam Derby Catalunya.

Mengenakan seragam El Barca selama 15 tahun, pemain berjulukan La Pulga itu berhasil membukukan 22 gol dalam 26 pertandingan melawan Espanyol. Pada musim 2019 2020, Messi mencetak empat gol dalam dua kemenangan El Barca atas Espanyol. Tiga dari empat gol yang dia lesakkan berasal dari situasi tendangan bebas, termasukfreekickrasa panenka ketika laga berlangsung di Stadion Camp Nou akhir Maret 2019.

Selain rekor yang diraih Lionel Messi, kali ini kapten legendaris Barcelona, Xavi Hernandez, juga menorehkan tinta emas dalam Derby Catalunya. Gelandang legendaris asal Spanyol itu menjadi pemain yang paling banyak bermain dalam laga yang mempertemukan Barcelona dengan Espanyol. Total Xavi Hernandez tampil sebanyak 32 laga selama 17 tahun bermain untuk klub yang bermarkas di Stadion Camp Nou.

Namun, capaian tersebut berakhir setelah pemain terbitan akademi El Barca, La Masia, memutuskan hengkang pada Juli 2015 menuju klub asal Qatar, Al Sadd. Kiper legendaris asal Spanyol, Ricardo Zamora, merupakan salah satu pemain yang pernah mengenakan seragam Barcelona dan Espanyol pada era1930 an, di mana namanya dijadikan sebagai nama penghargaan bagi kiper terbaik di Liga Spanyol tiap musimnya. Selain Zamora, ada beberapa pemain yang juga pernah membela Barcelona dan Espanyol seperti Laszlo Kubala, Jordi Cruyf, Ivan de la Pena, dan Rufete yang merupakan jebolan akademi La Masia.

Adapun eks pelatih Barcelona dan Espanyol, Ernesto Valverde, juga pernah bermain untuk kedua klub saat berkarier sebagai pesepak bola profesional. Ernesto Valverde menangani Barcelona selama tiga musim dari Juli 2017 hingga Januari 2020. Sosok asal Spanyol itukemudian dipecat dan digantikan Quique Setien.

Sebelum melatih El Barca, Valverde juga pernah menangani Espanyol selama dua musim, tepatnya dari 2016 hingga 2018. Pada musim 2006 2007, Espanyol di bawah asuhan Valverde menggagalkan impian Barcelona merengkuh gelar Liga Spanyol setelah ditahan imbang dengan skor akhir 2 2. Real Madrid dan Barcelona pun sama sama mengoleksi 76 poin dalam 38 laga yang mereka jalani di kompetisi La Liga.

Barcelonamenjadi klub yang meraih kemenangan dengan skor terbesar atas rival sekota,Espanyol, ketikaLiga Spanyolberlangsung pada musim 1928 1929. Klub raksasa asal Catalan tersebut berhasil memenangi laga dengan skor akhir 5 1 atas klub berjulukan Los Pericos tersebut.