Di tengah situasi pandemi, kebanyakan orang merasa lebih aman naik kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Anda yang membutuhkan akomodasi keluarga yang nyaman dengan dana yang terbatas pun, bisa mempertimbangkan pembelian mobil secara kredit. Ada banyak rekomendasi mobil keluarga murah di pasaran yang bisa Anda beli dengan sistem kredit, lho!

Perhitungan cermat membeli mobil secara kredit

Buat Anda yang tertarik membeli mobil keluarga 150 juta rupiah, maka simak perhitungan cermat berikut :

1.     Jenis mobil yang hendak dibeli

Di Indonesia, Anda bisa menemukan berbagai jenis mobil baik MPV, SUV atau city car dengan ragam harga yang bervariasi. Selain menentukan jenis mobil yang hendak dibeli, Anda harus memilih beli mobil baru atau bekas. Anda bisa mencari perbandingan kelebihan dan kekurangan beli mobil baru atau bekas lebih dahulu. Jika ingin menghemat anggaran, Anda bisa memilih mobil bekas yang masih berkualitas.

2.     Ketahui ketentuan uang muka

Rata-rata prosentase uang muka beli mobil secara kredit minimal 20-30 persen. Jika Anda melakukan patokan pembayaran cicilan dari gaji, bisa mengumpulkan uang muka yang lebih besar. Setidaknya Anda bisa mendapatkan simulasi cicilan per bulan yang lebih ringan dan tidak membebani pengeluaran bulanan.

3.     Melakukan survei harga

Agar Anda bisa mendapatkan simulasi kredit yang baik, tidak ada salahnya melakukan survei harga mobil di pasaran. Jangan ragu untuk mulai mencari informasi harga dan angsuran di berbagai dealer yang menjual mobil bekas berkualitas. Setidaknya survei harga termurah bisa memberikan referensi untuk Anda yang ingin melakukan kredit dengan cermat.

4.     Lakukan negosiasi

Meski Anda datang ke dealer dan mendapatkan penawaran harga, jangan ragu untuk mengeluarkan kemampuan komunikasi Anda. Lakukan negosiasi harga dan dapatkan diskon yang bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

5.     Memastikan keuangan bulanan aman

Tidak ada salahnya untuk menghitung simulasi kredit mandiri agar Anda bisa tahu kemampuan finansial bulanan untuk membayar cicilan. Pastikan besaran cicilan kredit mobil Anda tidak lebih dari 20 persen dari nilai gaji, ya! Jika kemampuan finansial kurang mumpuni, Anda bisa memilih jenis mobil keluarga 150 juta atau harga di bawah angka tersebut.

Rekomendasi mobil keluarga murah di Indonesia bisa menjadi pilihan Anda yang butuh kendaraan pribadi lebih nyaman. Mau beli Avanza, Xenia atau jenis mobil MPV bekas di bawah harga 150 juta, kenapa tidak?