Sebelum menikah dengan Sherrin Tharia, Zumi Zola sempat menjalin hubungan dengan Ayu Dewi. Bahkan Zumi Zola dan Ayu Dewi sempat merencanakan untuk menikah pada 2011 silam. Namun, rencana pernikahan tersebut gagal.

Kala itu, Zumi Zola diketahui menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur periode 2011 2016. Terkait karier politik Zumi Zola, ternyata ada peran Ayu Dewi. Hal ini sempat ditanyakan Alvin Adam saat mewawancarai Ayu dalam acaranya, Just Alvin , pada 2011.

Saat itu, Ayu Dewi berbagi cerita mengenai kegagalan pernikahannya dengan Zumi Zola bersama Alvin. Alvin pun menanyakan soal keberhasilan Zumi Zola berkiprah di dunia politik. "Yu, keberhasilan sang calon suami ini adalah, dengan jabatan yang sekarang (menjadi bupati), ada cerita bahwa Ayu ikut berperan besar untuk menuju kesuksesan ke sana. Benar seperti itu?" tanya Alvin.

Meski tak menjawab secara gamblang, Ayu menyatakan ia merupakan tipe orang yang suka memberi, entah itu perasaan ataupun tenaga. Ia menerangkan, saat menjalin hubungan dengan Zumi Zola, dirinya merasa mereka berdua cocok. Terlebih Ayu dan Zumi Zola sama sama ingin memiliki kehidupan mendatang yang lebih baik.

Namun, Ayu Dewi mengaku ia terlalu banyak memberi saat bersama Zumi Zola. "Setiap pasangan 'kan pasti selalu ada give and take nya ya (memberi dan menerima), dan aku adalah orang yang sangat amat pemberi, dalam artian I am a giver (aku adalah seorang pemberi). Baik perasaan maupun tenaga," ujar Ayu. Well ada times saya pikir ya sama, compatible (cocok), makanya kita berdua rasanya cocok banget, gitu 'kan."

"Dan pasti salah satu dari kita, kalau bisa ya kedua duanya, ya sangat menginginkan kemajuan di kedua belah pihak." "Cuma 'kan ternyata akhirnya seperti ini, mungkin saya juga kelewatan kali giver nya. I learn a lot (aku belajar banyak) sih, tentang apa yang terjadi kemarin," beber dia. Ayu sendiri mengungkapkan ia sudah tidak merasakan apapun terkait hubungannya dengan Zumi Zola yang kandas.

Actually , I don't feel anything anymore (Sebenarnya, aku udah nggak merasakan apapun)." "Bahkan membicarakan hal itu lagi kayak aduh udahlah, gitu 'kan. Karena I feel like moving forward (aku merasa sudah maju ke depan), udahlah kita lihat ke depan aja." "Yang lalu ya udahlah terjadi pasti karena sejuta alasan yang kadang kadang logika manusia nggak mampu untuk menerima itu, gitu 'kan," katanya.

Meski begitu, Ayu menyebutkan banyak orang justru berterima kasih padanya setelah pernikahannya dengan Zumi Zola gagal. Orang orang tersebut, kata Ayu, berterima kasih padanya karena menjadi sosok kuat. Belajar dari kisah Ayu Dewi dan Zumi Zola, orang orang mengangap sosok Ayu sebagai inspirasi yang bisa dijadikan role model .

Lebih lanjut, Ayu mengaku apa yang membuatnya kuat adalah karena kedua orang tua. Somehow (entah bagaimana) ada satu kekuatan yang luar biasa yang ada di diri aku dan kebetulan aku juga mikir, saya lebih muda dari orang tua saya, saya lebih kuat harusnya, saya bisa melindungi perasan mereka di saat orang lain tidak bisa." "Jadi memang mau nggak mau I have to be stronger than my parents (aku harus lebih kuat dari orang tuaku), than my family (dari keluargaku), and I have to protect them (dan aku harus melindungi mereka), itu aja," tandas dia.

Video wawancara Ayu Dewi bersama Alvin Adam ini beredar setelah seorang pengguna Twitter bernama @Veroberoz membagikannya pada Kamis (25/6/2020). Unggahan @Veroberoz yang menunjukkan cuplikan video wawancara Ayu Dewi hingga Jumat (26/6/2020) sudah disukai lebih dari seribu kali. Diketahui, Ayu Dewi dan Zumi Zola sempat menjalin hubungan asmara hingga memutuskan akan menikah.

Namun, saat tanggal ditetapkan, yakni 15 Mei 2011, pernikahan keduanya batal. Zumi Zola menikah dengan Sherrin Tharia pada 16 Maret 2012. Lalutiga bulan kemudian, Ayu Dewi resmi menjadi istri Regi Datau, tepatnya 16 Juni 2020.

Dilansir , Zumi Zola digugat cerai sang istri, Sherrin Tharia, sejak 26 Maret 2020. Penyebab Sherrin menggugat cerai adalah karena terjadi perselisihan dan menilai Zumi Zola kurang perhatian. Hal ini disampaikan Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim, Rabu (24/6/2020).

“Kalau alasan gugatan istrinya sendiri adalah terjadinya perselisihan dan pertengkaran antara penggugat dan tergugat." "Yang kedua kurang perhatian dari pihak tergugat dan penggugat,” terang Cece Rukmana, dikutip dari . Zumi Zola saat ini tengah mendekam di penjara karena kasus penerimaan gratifikasi

Ia divonis enam tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada 6 Desember 2018.